Pages

Subscribe:

Style_

Style_

Search

Memuat...

Copyright Text

Sabtu, 05 November 2011

manfaat menulis


Biasakan Diri untuk Menulis
Oleh: cen rian

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif, yaitu kemampuan berbahasa yang bersifat menghasilkan. Keterampilan menulis itu sangatlah penting yang harus dimiliki oleh setiap insan, terutama mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia. Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia dituntut untuk bisa menulis kretif. Hal ini dapat dicapai jika kita terus berlatih dan tidak takut tulisan itu salah. Apa kata orang jika sebagai mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia kita tidak bisa menulis.
Ada empat keterampilan berbahasa yang diterima oleh seseorang secara beruntun. Keterampilan itu adalah menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Di antara keempat keterampilan berbahasa tersebut, menulis merupakan keterampilan tertinggi yang harus dimiliki seseorang. Keterampilan menulis dapat dilakukan setelah seseorang mampu membaca. Anak SD tentunya belajar membaca dulu sebelum menulis.
Menulis merupakan sebuah kegiatan kreatif mengekspresikan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan melalui bahasa tulis. Sebuah tulisan juga dituntut agar bisa dipahami oleh pembaca. Dapat disimpulkan bahwa menulis merupakan kegiatan seseorang untuk menyampaikan gagasan kepada orang lain. Seseorang yang ingin menulis perlu proses pikiran dan imajinasi kreatif yang kuat agar apa yang ingin disampaikan dalam tulisannya dapat dipahami oleh pembaca. Dengan harapan apa yang dituliskan dapat menginspirasi bagi orang yang membacanya. Kegiatan menulis sangat penting dalam pendidikan karena dapat membantu siswa berlatih berpikir, mengasah kemampuan, melatih berekspresi, juga melatih mengungkapkan gagasan. Menulis adalah media untuk membuat orang lain berpikir.
Kegiatan ini juga dapat dapat meningkatkan kretivitas siswa. Tentulah untuk dapat menghasilkan tulisan yang optimal, kita harus tingkatkan budaya membaca sebanyak-banykanya dari berbagai sumber. Di zaman yang semakin maju ini, mencari sumber bacaan sangatlah gampang. Salah satunya adalah kita bisa memanfaatkan internet. Saya yakin media ini sangat membantu dan juga efektif dan efesien.
Penulis juga harus mempunyai informasi yang autentik tentang apa yang akan ditulis. Perlu diingat bahwa, seseorang tidak akan mampu menulis dengan baik apabila dia tidak pernah membaca. Seorang penulis juga harus memperhatikan tiga hal dalam tulisannya, yaitu
1)      unsur informatif, (2)unsur pendidikan, (3)unsur hiburan.
Tujuan dari menulis itu bernacam-macam, diantaranya adalah sebagai berikut:
1)      Menceritakan sesuatu
Tulisan yang bertujuan untuk menceritakan sesuatu di sebut narasi. Narasi artinya cerita. Karangan ini berusaha menyampaikan kejadian berdasarkan urutan terjadinya. Karangan narasi berisi fakta yang benar-benar terjadi dan dapat pula berisi sesuatu yang bersifat khayal. Karangan narasi yang bersifat fakta, misalnya otobiografi atau biografi. Karangan narasi yang bersifat khayal, misalnya cerpen, novel, roman, dongeng, dan lain-lain.
2)      Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
Karangan deskripsi adalah karangan yang berusaha menggambarkan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat mencitrai(melihat, mendengar, merasakan, mencium) apa yang dilukiskan sesuai citra penulisnya.
3)      Menjelaskan tentang sesuatu
Karangan yang berusaha menjelaskan sesuatu disebut karangan eksposisi.karangan ini bertujuan menjelaskan sesuatu berdasarkan fakta-fakta dan logis. Pembaca yang belum mengetahui proses pembuatan tempe akan memahaminya setelah membaca karangan yang berjudul Proses Pembuatan Tempe.
4)      Menyakinkan
Karangan yang demikian disebut karangan argumentasi. Karangan ini berusaha memberikan alas an untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat atau gagasan.
5)      Mempengaruhi pembaca
Karangan semacam ini tujuannya adalah untuk mengajak pembaca.Misalnya, perusahan-perusahan berusaha mengiklankan barang hasil produksinya di media, tujuan dari semua ini adalah agar pembaca terpengaruh dan yang akan terjadi adalah pembaca membeli barang itu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar